KALIMBA: PIANO YANG DIMAINKAN DENGAN JEMPOL

Kalimba 17 keys

Halo semuaa..

Seperti janjiku di post-an sebelumnya, kali ini aku mau membahas tentang Kalimba.

“Apa itu Kalimba? “
“Alat musik sejenis apa itu? “
“Cara mainnya gimana? “
“Susah ga? “
“Suaranya merdu ga? “

Ok guys, daripada kalian semakin bertanya-tanya, aku akan jelasin se-detail dan se-simple mungkin tentang Kalimba agar kalian mudah memahaminya.

Kalimba ini merupakan sebuah alat musik instrument tradisional yang berasal dari Benua Afrika, lebih tepatnya Afrika bagian tengah dan selatan. Kalimba sendiri di Afrika memiliki sebutan bermacam-macam, ada yang menyebutnya Sanza, Likembe atau Mbira versi modern. Dari masyarakat internasional sendiri menyebut Kalimba dengan sebutan Thumb Piano (Piano Jempol), hal ini dikarenakan Kalimba memiliki suara dan melodi seperti piano tapi dimainkan hanya dengan Jempol (Thumb).

Kalimba biasanya terbuat dari kayu yang berbentuk kotak dengan tuts-tuts piano yang terbuat dari logam panjang. Tapi di jaman modern ini, Kalimba tidak hanya berbentuk kotak dan terbuat dari kayu, tetapi ada juga yang berbentuk beruang/bulat yang terbuat dari acrylic. Selain itu Kalimba juga dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan jumlah keys (tuts), terdapat Kalimba dengan 8 keys dan Kalimba dengan 17 keys. Untuk pemain kalimba pada umunya menggunakan Kalimba dengan 17 keys.

Kalimba acrylic
Sumber: Google.com
Advertisements

Kalau kalian pernah lihat di Bali, Kalimba banyak dijual sebagai souvenir di pasar seni mereka selain ukulele. Kalimba yang dijual berbentuk bulat dan terbuat dari triplek. Kisaran harganya sekitar Rp 70.000an. Apakah itu bisa dimainin? Aku pernah menanyakan ke salah satu penjual di pasar seni di Ubud, katanya tidak bisa dimainkan karena hanya souvenir. Cuma aku juga kurang tau apakah benar atau tidak, belum pernah nyoba mainin. Hehehe..

Kalimba yang dijual sebagai souvenir di Bali.
Sumber: Google.com
Advertisements

Kalimba pada umumnya menggunakan nada dasar Do=C, tapi nada dasar Kalimba bisa diganti oleh pemain kalimba sendiri dengan menggunakan Tuning hammer. Tuning hammer adalah alat untuk me-tuning alat musik Kalimba yang berbentuk menyerupai palu (Hammer). Dimana bisa membeli tuning hammer ini? Tuning hammer ini biasanya akan kalian dapat saat kalian membeli Kalimba.

Tuning Hammer
Advertisements

Partitur dari Kalimba biasanya disebut sebagai Kalimba Tab. Kalimba Tab berbentuk seperti ini:

Advertisements

Bagaimana cara membacanya? Notasi-notasi yang terdapat di Kalimba tab sudah diletakkan sesuai dengan tuts/keys yang harus ditekan di Kalimba. Jadi misalnya di Kalimba tab notasinya diletakkan di gambar notasi C-G-A, jadi di Kalimba memainkan tuts C-G-A dan begitu seterusnya sesuai dengan Kalimba tab yang sedang kalian mainkan. Untuk pemain pemula biasanya akan pusing untuk membaca Kalimba tab ini. Biasanya untuk mempermudah membaca Kalimba tab, di tuts Do, La, Si, Sol tinggi, La Tinggi di Kalimba akan diberikan sticker berwarna berbeda dan begitu pula di Kalimba tab untuk notasi-notasi tersebut akan diberikan warna berbeda untuk mempermudahkan untuk membaca. Jujur, aku sendiri juga pusing saat pertama kali membaca Kalimba tab, tapi dengan banyak latihan membaca Kalimba tab akan terbiasa dan tidak pusing. Tapi, kalau kalian cari-cari di google atau di youtube para pemain Kalimba, mereka ada beberapa yang membagikan partitur Kalimba yang *menurutku* versi yang mudah bagi para pemain Kalimba pemula. Partiturnya seperti partitur piano, dimana notasi-notasi yang ditekan ditulis diatas/dibawah liriknya langsung. Penampakannya seperti foto dibawah:

Sumber: Google.com
Advertisements

Nah, biasanya kalau aku menemukan lagu dengan partitur berbentuk Kalimba tab, aku akan menuliskan ulang notasinya dalam bentuk partitur seperti yang diatas.

Sampai sini kalian paham kan ya? Kalau kurang paham bisa langsung bertanya di kolom komentar dibawah ya.

Ok guys, penjelasan mengenai Kalimba sampai disini dulu. Kalau ada informasi tambahan yang masih belum tersampaikan akan aku post di update selanjutnya. Oya, untuk informasi tambahan, kedepannya aku juga akan mem-post Kalimba tab untuk beberapa lagu yang bisa kalian mainkan beserta videonya. Tenang, aku akan share yang versi mudahnya. Jadi kita bisa bersama-sama belajar, karena aku sendiri juga masih pemula di dunia per-kalimba-an ini.

Sekian update kali ini. Kalau ada saran atau komentar bisa tinggalkan di kolom komentar dibawah. Saran dan komentar kalian akan membantu membangun blog ini menjadi lebih baik kedepannya.

Akhir kata, Terima kasih semuaaa..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s